Senin, 13 Agustus 2018

Sambutan Ka. Kwarcab Bojonegoro Hari Pramuka ke - 57 tahun 2018

Link Download Sambutan ada di bawah.

SAMBUTAN KETUA KWARTIR CABANG GERAKAN PRAMUKA BOJONEGORO
DALAM APEL BESAR HARI PRAMUKA KE 57

Assalamu`alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,
Salam sejahtera untuk kita semua
Salam Pramuka..!
Yang terhormat,
Kakak Ketua Mabiran Gerakan Pramuka
Kakak Ketua Kwarran Gerakan Pramuka,
Kakak-kakak Pengurus/Andalan Ranting Gerakan Pramuka,
Kakak-kakak Pimpinan Satuan Karya Gerakan Pramuka,
Kakak-kakak Ketua Mabigus, dan Pembina Gugus Depan Gerakan Pramuka
Kakak-kakak Pelatih, Pamong, dan Instruktur Gerakan Pramuka,
Kakak-kakak para Mitra Gerakan Pramuka,
Dan seluruh Peserta didik Gerakan Pramuka calon pemimpin dan generasi penerus masa
depan yang berbahagia

Puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Kuasa, atas berkat Rahmat dan Hidayah_Nya kita semua dapat berkumpul mengikuti Apel Besar Hari Pramuka ke-57 tahun 2018. Sebelum sambutan saya sampaikan, saya ingin mengucapkan terimakasih secara mendalam kepada seluruh jajaran Mabiran, Jajaran Kwarran, Para Kamabigus, Pimpinan SAKA, Para Pembina dan seluruh anggota Pramuka yang selama ini telah mengabdi secara ikhlas dalam Gerakan Pramuka, sehingga di periode ini Kwartir Cabang Gerakan Pamuka di Bojonegoro mampu mengukir sejarah emas dan berprestasi di tingkat Daerah maupun Nasional.

Diantaranya sebagai Kwartir Cabang dengan prestasi nomor urut terbaik satu berpartisipasi aktif tingkat Jawa Timur yang sebelumnya berada di jajaran bawah, anggota penegak dari Kwartir Cabang Bojonegoro mendapatkan penghargaan pendidikan Pramuka ke Korea Selatan karena sebagai Peserta terbaik saat festival wirakarya dan kampung kelir Jawa Timur. Dan banyak prestasi lain yang di lakukan oleh anggota Gerakan Pramuka di Kwrtir Cabang Gerakan Pramuka Bojonegoro pada masa periode ini.

Kakak kakak yang saya hormati,
Pembangunan Karakter peserta didik menjadi fokus kita saat ini dan ke depan, karena mereka adalah calon pemimpin bangsa. Pembangunan sumberdaya manusia harus sejalan dengan pembangunan fisik, karena kunci keberhasilan pembangunan bangsa terletak pada pembangunan sumberdaya manusia yang berkualitas. Untuk itu marilah kita semua, khususnya para anggota dewasa, jajaran majelis pembimbing, jajaran pengurus, instruktur, pamong saka dan pembina untuk merapatkan barisan dan berkerjasama dengan sinergis untuk mempercepat mewujudkan kaum muda indonesia yang berkepribadian baik, berkarakter, berwatak handal dalam berfikir dan bertindak, serta memiliki jiwa bela negara.

Kita sangat prihatin melihat situasi terkini yang penuh ancaman generasi muda seperti maraknnya minuman keras, merokok pada usia muda, penggunaan narkoba di berbagai lapisan masyarakat, kekerasan/terorisme yang melibatkan kaum muda, kejahatan seksusual, rendahnya rasa horamat kaum muda kepada orang tua, serta berbagai dampak sosial, ekonomi dan budaya yanng kurang kondusif lainya. Ancaman ini merupakan tanggungjawab semua komponen bangsa termasuk Gerakan Pramuka. Gerakan Pramuka saat ini berusia 57 tahun, tentunya suasana tidak sama ketika dilahirkan.
Sekarang zaman online, dunia cyber, realtime dan banyak perbedaan di banding dengan zaman dahulu. hendaknya Gerakan Pramuka dapat mengikuti perkembangan zaman tidak terkesan kuno agar diminati oleh generasi muda, tetapi tidak meninggalkan aturan, dan tentunya sesuai tujuan Gerakan Pramuka.

Tujuan Gerakan Pramukayang di amanatkan dalam Undang Undang Republik Indonesia Nomor 12 tahun 2010 tentang Grakan Pramuka, Gerakan pramuka bertujuan untuk membentuk setiap pramuka agar memiliki kepribadian yang beriman, bertakwa, berakhlak mulia, berjiwa patriotik, taat hukum, disiplin, menjunjung tinggi nilai-nilai luhur bangsa, dan memiliki kecakapan hidup sebagai kader bangsa dalam menjaga dan membangun Negara Kesatuan Republik Indonesia, mengamalkan Pancasila, serta melestarikan lingkungan hidup.

Kegiatan pendidikan kepramukaan dilaksanakan dengan menggunakan Metode Kepramukaan yang sudah di rumuskan dan di kemas sedemikian rupa untuk peserta didik generasi muda bangsa. Metode keparukaan tersebut di jalankan dengan sistem Among. Sistem among merupakan proses pendidikan kepramukaan yang membentuk peserta didik agar berjiwa merdeka, disiplin, dan mandiri dalam hubungan timbal balik antarmanusia. Sistem among sebagaimana dimaksud adalah dilaksanakan dengan menerapkan prinsip kepemimpinan yaitu, ing ngarso sung tulodo yaitu di depan menjadi teladan, ing madyo mangun karso yaitu di tengah membangun kemauan, dan Tutwuri Handayani yaitu di belakang mendorong dan memberikan motivasi kemandirian.

Kakak Kakak yang saya hormati,
Akhirnya di usia Gerakan Pramuka yang ke-57 ini marilah kita selalu bersama bahu membahu mendidik generasi muda di Bojonegoro menjadi generasi yang berkarakter, mempunyai kecakapan hidup dan mempunyai nilai nilai kebangsaan sesuai dengan tujuan Gerakan Pramuka.
Jayalah Pramuka, Jayalah Indonesia.
Salam Pramuka

Wassalamu`alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh


Bojonegoro, 14 Agustus 2018
Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Bojonegoro
Ketua,

Ttd 

Drs. H. Hanafi, MM

Download Sambuta Ka. Kwarcab Bojonegoro dalam Hari Pramuka ke-57 Tahun 2018





share this article to: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg
Posted by Dadik Hermawan, Published at 13.21 and have 0 komentar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar