Jumat, 22 Februari 2019

Gerakan Pramuka Sebagai Wadah Pembentukan Karakter Pemuda

Foto : Latihan Pramuka Pangkalan MTs Plus Al-Hadi Padangan
Akhir-akhir ini banyak sekali berita dan video yang viral. Bukan karena torehan prestasi namun karena perbuatan tidak terpuji. Banyak sekali kasus seorang pelajar yang berani kepada guru, membentak bahkan berkelahi dengan gurunya.

Sekolah sebagai tempat menimba ilmu pengetahuan, bukan tempat ajang adu kekuatan. Seorang pelajar datang ke sekolah dengan semangat belajar bukan datang dengan semangat berperang.Jika karakter generasi muda seperti ini maka hilanglah harapan orang tua.

Menurut Karol Kumpfer dan Rose Alvarado, profesor dan asisten profesor dari University of Utah, dalam penelitiannya, menyebutkan bahwa salah satu faktor penyebab munculnya kenakalan remaja adalah Kurangnya disiplin yang diterapkan orangtua pada anak.

Gerakan Pramuka sebagai wadah pembentukan karakter menjadi salah satu solusi kenakalan remaja saat ini. Sebagaimana tercantum dalam Undang-undang Gerakan Pramuka "Gerakan pramuka bertujuan untuk membentuk setiap pramuka agar memiliki kepribadian yang beriman, bertakwa, berakhlak mulia, berjiwa patriotik, taat hukum, disiplin, menjunjung tinggi nilai-nilai luhur bangsa, dan memiliki kecakapan hidup sebagai kader bangsa dalam menjaga dan membangun Negara Kesatuan Republik Indonesia, mengamalkan Pancasila, serta melestarikan lingkungan hidup".

Dengan demikian Gerakan Pramuka memiliki peran besar dalam pembentukan karakter pemuda. Melalui kegiatan-kegiatan yang diprogramkan mampu membentuk generasi penerus bangsa yang berkarakter. Sehingga mampu bersaing dimasa depan. (Em. 22/02/19)



share this article to: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg
Posted by DKR Padangan, Published at 17.38 and have 0 komentar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar